Halaman

Welcome

Abidakan Ilmu Dengan Tulisan

Sabtu, 15 September 2012

Stadium General ??? Apa itu?


Stadium General dalam Kampus
(Oleh: Gustina)



Nah, sekarang saya ingin berbagi pengetahuan mengenai Stadium General, yang sebentar lagi akan diadakan oleh STAI Sambas pada 24 September 2012 mendatang. Mendengar kata-kata stadium general, terlintas di pikiran apakah itu ??? Untuk itu, mendapatkan jawabannya diberbagai sumber, saya berusaha untuk menjelaskan makna dari stadium general itu sendiri, karena memang kegiatan ini sering dilakukan di kalangan kampus. Semoga bermanfaat.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, arti stadium merupakan awal lebih mudah dilakukan, sedangkan general yaitu umum. Selain itu, dalam sebuah artikel (http://id.answers.yahoo.com) juga menyebutkan bahwa stadium general adalah kuliah umum, kuliah yang boleh diikuti oleh semua mahasiswa dari dalam kampus maupun mahasiswa dari luar kampus.  
Makna sebenarnya Stadium General itu, terlepas dari kemungkinan bergesernya tujuan, misi, atau definisi stadium general untuk masa sekarang. Acara ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para mahasiswa baru tentang banyak hal mengenai kuliah yang akan mereka jalani selama tiga hingga enam tahun (waktu normal) dan memberikan gambaran secara garis besar tentang hal-hal yang menyangkut aktivitas kampus baik kuliah, kegiatan ekstra (yang digalang lewat unit-unit kegiatan mahasiswa) maupun kegiatan lain yang mengatasnamakan kampus. Stadium general juga dimaksudkan untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan seluk-beluk kehidupan akademis di kampus mereka. Dalam studium general tersebut terdapat sesi seminar yang menghadirkan pembicara. Kalau pada masa lalu biasanya para pengajar dan perwakilan dari unit kegiatan mahasiswa, ungkap mantan Panitia Pengurus Himpunan Mahasiswa Stadium General Periode 1995-1996 lalu.
Stadium General juga pernah di adakan oleh kampus STAI Sambas, tepatnya di Aula Kantor Bupati Sambas. Kebetulan Wakil Bupati Sambas sendiri yang memberikan kuliah umum, yaitu Bapak DR Pabali Musa, M.Ag. Berikut sedikit kutipan pesan yang disampaikan beliau kepada mahasiswa baru STAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (dalam artikel Pemda Sambas Tahun 2011) senin (12/09).
Dalam kuliah umumnya,Wakub menyampaikan beberapa hal penting bagi mahasiswa baru. Pertama, mahasiswa patut bersyukur mempunyai peluang untuk merasakan duduk di bangku perkuliaha, karena mereka merupakan bagian dari kalangan masyarakat elite yaitu pusat pembangunan moralitas lebih baik, pusat perubahan serta markasnya suatu keilmuan. Kedua, mahasiswa merupakan gambaran generasi intelektual, yang sudah seharusnya memiliki kecerdasan intelektual. Generasi dengan kecerdasan intelektual dicapai dengan berpikir, maksudnya adalah dapat menangkap makna abstrak dari sebuah perwujudan objek tidak hanya dari luarnya saja. Ketiga, mahasiswa harus memiliki akhlakul karimah yang baik. Dan yang terakhir harapan dosen Universitas terbesar Kalbar ini juga, berharap kepada mahasiswa baru  agar mahasiswa Sambas sukses menjadi orang yang berilmu dengan rajin membaca dan mengkaji sehingga menciptakan ilmu yang berguna bagi masyarakat banyak, ungkapnya panjang lebar. ( Lihat selengkapnya artikel ini di www.sambas.go.id, 'Wakub Sampaikan Stadium General STAIS 2011')
Menjelang tahun Akademik yang baru, masuk kembali dalam perkuliahan sangat penting untuk diadakan stadium general. Mengingat libur panjang yang begitu lama, dapat memberikan motivasi serta menyegarkan kembali keilmuan mahasiswa. Biasanya, dalam acara ini juga menghadirkan pembicara khusus baik dari internal maupun eksternal kampus. Hal-hal yang diberikan tentunya tentang seputar kampus, perencanaan, pencerahan-pencerahan dan  harapan-harapan demi perbaikan kampus juga bagaimana seharusnya untuk mahasiswa kedepan. Tidak terlepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, tujuan, visi misi dalam sebuah kampus. Semoga dengan diadakannya Stadium General dalam sebuah kampus ini dapat memberikan banyak dampak positif bagi mahasiwa.
~ Sekian ~

Salam Manis Buat yang Baca ^_^ , silahkan berikan komentar dan tambahan tulisan, untuk menambah keilmuan kita sendiri tentunya. Trim’s…


4 komentar: